Saturday, January 30, 2010

ROKOK

 

BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN

Sebelumnya kita mengetahui dahulu elemen apa saja yang terkandung dalam rokok, mengandung kurang lebih 4000 elemen – elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinaytakan bahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah TAR, dan KARBON MONOKSIDA.


1.      Tar adlah Hifokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru – paru
2.      Nikotin adalah Zat adiktif mengetahui syaraf dan peredaran darah  zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu terjadinya kanker paru – paru.
3.      Karbon Monoksida adalah zat yang mengikat Hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat Oksigen.
Efek racun pada rokok adalah membuat asap rokok mengalami resiko lebih besar dibandingkan yang tidak menghisap rokok, perbandingannya adalah sebagai berikut:
a.       14 x menderita kanker paru – paru, mulut dan tenggorokan
b.      4 x menderita kanker esopagus
c.       2 x kanker kandung kepih
d.      2 x serangan jantung
Rokok juga meningkatkan resiko kepatalan bagi penderita (pneumonia) dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
4.      Cara – cara mengatasi berhentinya merokok sebagai berikut:
a.       Batas aman, menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikmuti kebutuhan akan zat adikftif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam dan lebih lama
b.      Analisasi kebiasaan, lakukan analisasi kebiasaan – kebiasaan merokok yang telah dilakukan selama ini, misalnya: Kapan anda secara otomatis ingin merokok. Hasil analisa ini akan membantu dalam mengerem keinginan merokok
c.       Susun dadftar alasan, lakukan segala hal yang membuat anda tidak kembali merokok, selalu ingat alasan – alasan yang mendasari anda tidak meroekok, jika perlu susun dafatar alasan itu
Seperti: Menghindari kanker, gejala janting, gangguan pencernaan, kehidupan sosial yang lebih baik, ingat kesehatan dan kepentingan keluarga, maka lebih enak.
d.      Langsung berhenti, pilih sebuah hari dimana anda akan berhenti, dan pada hari itu, langsung berhenti total tanpa melakukan tahapan – tahapan, umumnya rencana anda kepada orang – orang terdekat anda agar mereka bisa membantu.
e.       Waspada pada hari – hari awal, hari awal akan terasa sangat berat, cobalah mengalihkan perhatian dengan mengkonsumsi permen atau permen karet, tanpa gula, sementara waktu, kurangilah kegiatan yagn berkaitan dengan rokok.
f.        Nikmati hidup, uang seharusnya dipakai untuk membeli rokok dapat dipakai untuk membeli hadiah bagi diri sendiri atau ditabung.
Konsumsi rendah kalori, selama seminggu pertama (sampai kira – kira empat minggu). Makanlah makanan yang mengandung kalori rendah. Minumlah air putih yang banyak.

1 comment:

Oyah said...

Mampirr, slm knal yaaa... please follow me, aq ud follow u, tq... Tar aq psg link u di Friends' Links aq... tq