Saturday, January 30, 2010

Belajar Ms. Excel 2003

Latar Belakang Masalah
Apa sih Ms. Excel 2003? jika pertanyaan yang seperti itu muncul dibenak antum para pengguna komputer baru, sedikit ane paparkan, apa itu Ms.  Excel 2003....

Pembahasan
Ms. Excel 2003 adalah seperangkat mesin hitung yang berbentuk windows atau dengan kata lain perangkat lunak pengolah Angka (ntu kalo disekolah....), nah disini ane bakal kasih tahu seperti apa itu Ms. Excel sebener'e nah di sini ane punya gambar'e 



Keterangan :
  1. Title Bar (Judul Bar) >>> berfungsi untuk memberikan informasi nama dokumen pada setiap kali membuka dokumen jika keadaan dalam masih Book 1 itu bertanda document belum tersimpan.
  2. Menu pull down (Menu bar) menampilkan urutan menu yang akan digunakan dalam Ms. Excel 2003, yakni ditandai dengan File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows, Help.
  3. Toolbar Standar yaitu baris yang berisikan icon yang berisikan perintah (link) 
  4. Toolbar Formating adalah baris yang berisikan icon yang berisikan perintah (link) untuk pemformatan documents
  5. Taskpane standarisasi Microsoft menampilkan Windows dengan Taskpane yang menampilkan recent document (dokumen yang pernah dibuka sebelumnya)
  6. Cells >>> bagian dari pada Microsoft Excel yang mana Cells bisa diisi data baik text maupun numeric dan Cells adalah penyebut suatu tempat yang mana disebut dengan mendahulukan nama Colomn dan diakhir dengan nomor Row Conoth Cells C4, berarti tepat pointer di arahkan ke Colomn C dan Row 4.
  7. Colomn adalah baris yang ditandai dengan huruf A, B, C, D, .... 
  8. Row  adalah baris yang tandai dengan nomor 1, 2, 3, 4, ..... 
  9. Sheet adalah jumlah lembar kerja yang disediakan dalam satu file.
nah ini adalah awal permulaan mempelajari Ms. Excel 2003.
adapun untuk cara penggunaannya beda dengan Ms. Word yang cukup menekan papan bidik satu demi satu, tanpa memperhatikan cara - cara pengeditan, dalam Ms. Excel 2003 ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai belajar Ms. Excel 2003. 
berikut adalah sedikit trik dan tips untuk memulai bekerja dengan Ms. Excel 2003
untuk memasukkan data silahkan langsung anda input atau ketik data pada salah satu cells dan apabila ada kesalahan gunakan backspace untuk menghapusnya, apabila anda menemui hal seperti berikut:
setelah saya menekan tombol enter, ketika saya sudah membuat satu data, dan pada data itu terdapat kesalahan, niat saya ingin memperbaikinya tapi yang terjadi malah data sebelumnya hilang entah kemana nah itu salah satu trouble bagi para pemula yang menggunakan Ms. Excel. saran ane ada baiknya jika antum ketika akan meng-edit data arahkan pointer ke Cells yang akan diperbaiki datanya dan kemudian tekan tombol Fungsi yaitu tombol "F2" pada keyboard anda dan baru kemudian hapus jika perlu data yang akan diperbaiki. 
dan kemudian bagaimana cara melakukan setting page setup pada Ms. Excel 2003? nah silahkan arahkan pointer mouse ke menu File >>> page setup / print preview >>> Setup (in preview) >>> Option (printer epson) nah setting deh sendiri pengen ukuran yang berapa.... 8)

dalam Ms. Excel kita juga dapat mencari informasi tentang Operasi Matematika sejenis operasi dasar, logika, dan banyak lagi yang lainnya.... 
untuk awal saya akan tuntun anda untuk membuat sebuah table, simak dan praktekan pada Ms. Excel 2003 anda:
1st Step 
Buka Ms. Excel 2003 anda melalui
  • Star 
  • All Program 
  • Microsoft Office
  • Microsoft Office Excel 2003
2nd Step 
  • Arahkan mouse pada Cells C5 dan K10 (klik pada Cells C5 dan tahan hingga ke Cells K10 sambil di geser)
  • Klik kanan pada mouse pilih Format Cells
  • Pilih tab Borders
  • Menu Presets klik Outline  dan Inside 
  • Ok

jika sudah nampak seperti gambar diatas, berarti antum berhasil.

dan isilah table tersebut kira - kira hasilnya seperti ini.



Catatan:
Untuk mengetahui jumlahnya silahkan anda gunakan Rumus sebagai berikut:
ketik pada Cells Jumlah =Sum(Nilai i operasi Nilai ii) untuk semua operasi
untuk operasi harap sesuaikan dengan judulnya contoh, pada kolom Tambah gunakan tanda (+), pada kolom kurangi gunakan tanda (-) pada kolom kalikan gunakan tanda (*) pada kolom bagian gunakan tanda (/), Nilai i didapat dari "arahkan mouse ke colomn nilai i" nilai ii didapat dari "arahkan mouse ke colomn nilai ii setelah memasukkan lambang operasi...

Semoga Bermanfaat :D

No comments: